Artikel Kena DMCA Gara-gara Review Template

Pengalaman salah satu artikel di dalam blog saya dianggap melanggar hak cipta DMCA Gara-gara review template premium

Saat malam hari setelah istirahat sehabis menyelesaikan pekerjaan saya sempat kan untuk membuka Email guna melihat ada pesan masuk apa saja hari ini, setelah saya membuka Email langsung terkejut dan was-was sebab ada dua pesan masuk yang tidak biasa

Baru pertama kali saya mendapatkan Email masuk seperti ini, kemudian saya buka dan saya perhatikan isinya membuat saya sedih membuat saya kesel muring2 dewe ora jelas,, ,

Kenapa tidak? Lha wong salah satu artikel yang saya tulis/buat sekitar lebih dari 5 lima bulan lalu terkena DMC di angap melanggar hak cipta 😭 padahal artikel saya tulis sendiri dan saya yakin tidak ada duanya di halaman Internet

DMCA blog
Table of Contents

Ternyata bukan karena duplikat content atau istilahnya copy paste yang membuat artikel saya diduga melanggar kebijakan Copyright DMCA. Melainkan hanya karena saya menulis Review template atau lebih tepatnya inti didalam artikel tersebut menjelaskan tentang template yang saya gunakan

Blog Terkena DMCA Karena Template

Jadi ceritanya sekitar 5 bulan yang lalu saya membuat artikel tentang template blog yang saya beli dan kemudian saya gunakan, dan sedikit saya mereviewnya

Didalam artikel tersebut memberikan tombol download serta demo yaaaa namanya aja artikel membahas tentang template pada umumnya juga ada tombol seperti itu

Nah tombol-tombol tersebut untuk demo saya arahkan ke template langsung, dan untuk tombol download saya arahkan ke blog pembuat template tersebut

Lucunya artikel saya itu di angap melanggar hak cipta disebut membagikan secara gratis atau menjual ulang template tersebut, itu yang membuat saya kecewa brooooooooo. Yakin isinya cuma Review link saya arahkan ke blog pembuatnya saya membuat kata/tombol download supaya menarik pembaca aja

Untuk artikel tersebut sedang saya simpan dalam darf, entah kapan saya akan mempublikasikan atau malah akan saya hapus belum tau, yang pasti saya masih nunggu hasil dari dari pengajuan banding yang telah saya lakukan

Baca juga : Idntheme tempat langanan saya untuk membeli template blog

Setelah saya mendapati pesan masuk yang pada intinya satu artikel saya melanggar kebijakan. Seketika saya menghubungi mas pembuat template/yang mengklaim hak cipta melalui pesan Whatsapp, kebetulan nomor masih saya simpan dulu pernah konfirmasi pembayaran untuk membeli template yang saya gunakan, untuk men konfirmasi masalah kejangalan tersebut saya menjelaskan kepada pembuat template bahwa konten saya 100% tidak melanggar kebijakan sperti terlapor yakin menjual/membagikan secara gratis

Saya suruh cek dan kemudian saya suruh pertimbangan secara matang, karena saya sangat meyakini tidak melanggar klaim hak cipta saya bersedia dan bisa mempertangungjawabkan itu semua.

Pada keesokan hari saya mendapati balasan yang tidak bisa saya tampilkan disini intinya saja. Pembuat template memang membuat klaim hak cipta lebih dari 100 di kirim ke dmca blog-blog tersebut merupakan blog yang di temukan maupun yang di laporkan oleh blogger lain, yang di dapati memberikan tulisan/menjual ulang/membagikan secara ilegal

Dan saya minta titik terang atas konten artikel yang saya buat kenapa bisa di kirim ke dmca sedangkan saya merasa tidak merugikan developer. Kemudian masnya mengatakan memang tidak semuanya di cek secara mendalam tentang isi artikel dan link keluar yang di arahkan kemana, kemungkinan artikel saya luput dari pengecekan developer, yang notabane dilaporkan oleh blogger lain

Dapak terkena klaim hak cipta

Ngomong-ngomong apa sih dampak terhadap artikel dan blog yang telah terkena klaim hak cipta itu dan berikut beberapa hal yang bakalan terjadi terhadap blog kita menurut pengalaman saya

Dihapus dari search google

Artikel yang terkena kalaim hak cipta seperti yang di jelaskan pada pesan masuk melalui Email bahwa artikel tersebut telah dihapus dari search google, itu artinya artikel tidak muncul lagi di halaman pencarian Google

Blog bisa di hapus oleh Google

Ini sungguh sangat menyedihkan sekaligus mengkhawatirkan. Dimana jika blog mendapati artikel melanggar hak cipta untuk kedua kalinya maka blog bisa di pastikan akan di hapus oleh Blogger, ini saya kutip dari Email masuk yang saya sebutkan di awal artikel 

Iklan Adsense tidak muncul

Setelah mendapat bahwa artikel di angap kena DMCA iklan Adsense langsung dibatasi. Jadi iklan tidak akan tayang di halaman tersebut. Dan jika blog atau halaman kita terkena klaim hak cipta di waktu mendatang bisa saja akun Adsense akan di bann, bukan hanya akun adsnya saja blognya pun bisa terkena hapus seperti yang saya sebut di poin sebelumnya

Blog terlihat tidak profesional

Degan begini blog akan terlihat tidak profesional dan mungkin saja dapat mengecewakan para user/pembaca blog kita. Tidak menutup kemungkinan mereka akan menganggap kita suka main curang makanya di laporkan ke DMCA 

Sangat di sayangkan bukan a s w,,,, memang blogger yang laporkan artikel saya mbok yaaa di baca dulu mbok ya di cek dulu sebelum bertindak, kalau ginikan sampean salah sasaran

Saya pribadi tau mana yang bener dan mana yang salah saya ingin menggunakan template tersebut juga beli secara langsung dan saya otomatis mentaati aturan developer tidak mungkin saya menjual ulang/mencari keuntungan pribadi

Kasus ini mirip dengan yang dialami blog Mas sugeng.id bedanya kalau mas sugeng yang lapor DMCA orang lain malah blog mas sugeng sendiri kena DMCA dan banyak blog-blog yang di anggap melanggar kebijakan tanpa mereka tau mana yang Review mana yang mencari keuntungan tersendiri (membagikan/menjual ulang secara ilegal)

Kalau ini yang klaim hak cipta pembuatnya (pembuat template)

Kesimpulan

Saya pribadi sangat menghormati langkah yang di ambil oleh developer ini merupakan salah satu cara untuk melindungi karya dari orang-orang yang hanya mementingkan keuntungan sendiri tanpa memperhitungkan dari mana template tersebut tercipta

Akan tetapi saya sangat menyayangkan kenapa sampean tidak terlebih dahulu melihat dan meneliti setiap blog yang ingin sampean laporkan ke DMCA seperti blog saya ini

Mungkin saya sangat setuju jika developer memberikan lisensi kepada setiap template yang di buat dari pertama kali di publikasikan/rilis. Dengan begini kemungkinan bisa meminimalisir jika ada orang yang tidak bertanggung jawab

Dan ini untuk mereka yang doyan dengan share secara ilegal maupun menjual ulang, mbok yaaa di pikir ulang untungnya tidak seberapa dosanya selamanya. Untuk kamu yang suka clone template sebenarnya tinggal selangkah kamu akan menjadi orang yang terhormat, jika kamu bisa kenapa tidak membuat template sendiri dan di jual template lain bisa di jadikan referensi bukan di clone haaaah?  Heran akuu

Yaaah kemungkinan besar, sepertinya kedepan saya akan malas membahas tentang artikel yang berisi hal-hal terkait takut kena dmca lagi 😭.  Semoga hal seperti ini tidak terulang lagi untuk blog ini

Niih satu hal semoga dengan banyaknya orang yang membuat artikel dan membicarakan tentang template yang saya gunakan semoga tambah banyak yang membeli dan menggunakan secara legal/resmi

Hemmmmmmm.. .

Pemalas yang senang mencari kesibukan supaya bisa ngeluh dan kemudian minta libur untuk kembali bermalas-malasan.

2 comments

  1. Sebenarnya kalau tidak menyebutkan nama templatenya tidak akan jadi masalah sih, saya sudah banyak riview template tapi tidak saya sebutkan nama template aslinya. Jadi hanya menampilkan gambar templatenya dan fitur apa saja yang diberikan. Jika ingin membeli tinggal diarahkan ke link utamanya..

    Mungkin yang menyebabkan kena hak cipta karena terdeteksi keyword dari nama template tersebut, tapi emang kekurangannya jadi gak banyak yang liat kalau semisal keyowrd nama template blognya dihilangkan..
    1. Sebenarnya itu sudah saya arahkan ke developer pembuat template mas

      Iya serasa aneh kalau tidak menyebutkan nama templatenya sih hehe
Gak gelem komentar ben copot jempol e !